Toko Batik Indonesia - Ebatik Grosir Trusmi Cirebon Indonesia

Saturday, March 29, 2014

Batik Indonesia - Batik Pewarna Alam ke Tenun Serat Pohon Pisang

ebatik tas sepatu purple ekxlusif batik cirebonBatik Indonesia - Batik Pewarna Alam ke Tenun Serat Pohon Pisang.Siapa yang tidak kenal dengan hasil batik Indonesia rancangan Rosso. Kreasinya yang sudah mendunia itu, identik dengan batik pewarna alam dari dedaunan. Tanpa mengandung bahan kimia dan mode batik responsif dengan tren, menjadi pilihan bagi penggemar batik.

Banyak tahun mengkhususkan diri dengan batik Indonesia berwarna alam, kini Rosso mengenalkan tenun dari serat pohon pisang.

Menggunakan serat pisang pada produksi tekstil, memiliki kelebihan tertentu dibandingkan dengan serat-serat lainnya.

Material yang melimpah menjadi harapan akan keberlanjutan industri serat pohon pisang. Didukung iklim tropis Indonesia yang dimiliki memastikan suburnya pertumbuhan pohon pisang.

Prakteknya, masih memerlukan keterlibatan kalangan luas untuk mengembangkan produk ini. Khususnya bagi pengusaha serta orang yang peduli terhadap lingkungan. Dalam hal ini Rosso sudah memulai memproduksi benang dan kain dari serat pisang dengan hasil yang memuaskan.

Rosso mengungkapkan setelah dicoba melalui proses tenun, ke depan produk ini bisa menjadi industri rumah tangga yang sangat bagus untuk kalangan masyarakat luas. Keberadaan tekstil serat pisang sebenarnya sudah ada sejak zaman dulu, namun belum menarik banyak kalangan untuk pengembangan lebih luas.

"Satu pohon bisa menghasilkan 55 kilo serat, jadi disitu tergantung jenisnya dan dari sana bisa kita olah menjadi tekstil," kata Rosso, Perancang Busana yang memiliki workshop di Bantul, Yogyakarta pada ajang Indonesia Fashion Week 2014 di Jakarta Convention Center, Kamis (20/2/2014).

Hanya membutuhkan waktu kira-kira dua minggu untuk membuat pohon pisang menjadi benang. Berawal ketika pelepah pohon ini dipotong selanjutnya dengan teknik dan teknologi tersendiri dikembangkan menjadi cikal bakal kain. Begitulah ungkapan pemilik Rosso Batik indonesia ini, ketika menceritakan sambil menunjukkan video pembuatan benang dari pohon pisang.

No comments:

Post a Comment