Toko Batik Indonesia - Ebatik Grosir Trusmi Cirebon Indonesia

Sunday, February 1, 2015

Batik Cirebon - Bahayanya Pencelupan Batik Menggunakan Tangan

batik cirebon
Ilustrasi : Kegiatan Membatik
Batik Cirebon - Industri batik dalam melakukan pembuatan batik tidak terlepas dari penggunaan pewarna sintetis dan bahan kimia. Tetapi pemahaman prosedur kerja yang tepat tidak mengikuti penggunaan bahan kimia.

Peneliti Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Rahmat Wisnu Utama mengemukakan, proses pencelupan batik pekerjaan masih dilakukan secara manual dengan tangan bisa meningkatan risiko penyakit kulit dermatitis kontak.

“Itulah latar belakang penelitian kami tentang faktor risiko terjadinya dermatitis kontak pada pekerja pewarnaan batik,” jelas Rahmat saat memaparkan Analisis Faktor Risiko Terjadinya Dermatitis Kontak Pada Pekerja Pewarnaan di Industri Batik, pada acara URECOL UMS, di Kampus UMS, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, baru-baru ini.

Batik Cirebon - Rahmat mengatakan, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor risiko dermatitis kontak pada pekerja di industri batik pencelupan.

Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 20 orang.

Sampling penelitian ini digunakan total sampling, Uji statistik penelitian yang digunakan ini spearman rhokorelasi dengan terjadinya dermatitis kontak menunjukkan variabel: tingkat pengetahuan pribadi pelindung peralatan tangan, usia dan masa kerja dengan gejala dermatitis kontak.

Menurut Rahmat, ada hubungan yang signifikan antara tingkat disiplin penggunaan sarung tangan vinyl dengan gejala dermatitis kontak dan menunjukkan korelasi negatif dengan tingkat arah hubungan yang kuat.

“Semakin rendah tingkat disiplin kerja dalam penggunaan sarung tangan vinyl, semakin tinggi tingkat kontak gejala dermatitis yang dialami oleh pekerja,” jelasnya.( Batik Cirebon )

No comments:

Post a Comment