Toko Batik Indonesia - Ebatik Grosir Trusmi Cirebon Indonesia

Monday, February 9, 2015

Batik Cirebon - Batik Handayani Geulis Kenalkan Motif Cepot

Batik Cirebon - Industri kecil menengah Batik Handayani Geulis Kota Bogor, Jawa Barat, akan memperkenalkan motif Cepot sebagai unggulan dalam perhelatan akbar tahunan perayaan Cap Go Meh 2015.

"Kami mendapat kesempatan menjadi salah satu pendukung acara Pawai Cap Go Meh 2015, dengan menyediakan kostum bagi peserta memakai batik Cepot," kata Sri Ratna Handayani Budhie, pendiri industri kecil menengah (IKM) Batik Handayani Geulis, di Bogor, Senin (9/2).

Ratna mengatakan, pihaknya akan memproduksi pakaian panitia dan peserta pawai Cap Go Meh 2015 yang berjumlah lebih dari 100 orang.

Menurutnya pihaknya sengaja ikut terlibat dalam perhelatan akbar tahunan tersebut selain sebagai ajang promosi juga sekaligus melestarikan batik di Kota Bogor.

"Batik Cepot ini merupakan motif produksi Batik Handayani Geulis, kita sudah mematenkannya. Dan motif cepot paling banyak dicari oleh penyuka batik," katanya.

Selain memproduksi batik, IKM Batik Handayani Geulis yang sudah berdiri sejak 2011, yang juga aktif terlibat dalam pelestarian budaya membatik bagi masyarakat Bogor.

Batik Cirebon - Berbagai kegiatan untuk memperkenalkan batik diselenggarakan oleh IKM Batik Handayani Geulis, seperti "Batik Goes To School" ke sejumlah sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA di Kota Bogor.

"Budaya batik harus dilestarikan, agar terus berkembang. Mengenalkan batik sejak dini, mengetahui sejarahnya lalu belajar membuatnya dapat menimbulkan rasa cinta, dengan rasa itu maka timbul jiwa untuk melestarikannya," kata Ratna.

Batik Handayani Geulis merupakan satu satu dari dua pengrajin sekaligus pengrajin batik asli Bogor yang melestarikan dan menciptakan motif-motif khas Kota Hujan itu.

Saat ini Batik Handayani Geulis telah memiliki 35 motif batik khas Bogor seperti Bunga Bangkai, Kujang, Mojang Jajaka, dan yang paling banyak disukai adalah motif Cepot.

"Pada perayaan Cap Go Meh nanti, kami akan meluncurkan seragam batik motif Cepot on the street," katanya.

Pagelaran pawai budaya Cap Go Meh akan diselenggarakan pada awal Maret, melibatkan sekitar 5.000 orang peserta memeriahkan pesta rakyat yang digelar setiap tahun di Kota Bogor.( Batik Cirebon )

No comments:

Post a Comment