Toko Batik Indonesia - Ebatik Grosir Trusmi Cirebon Indonesia

Saturday, February 7, 2015

Batik Cirebon - Pasar Batik Bisa Menjadi Inspirasi Pengrajin Sulam

Batik Cirebon
Sejumlah perajin sulam menyelesaikan sulaman selendang sambung terpanjang, di auditorium Gubernuran Sumatera Barat, Padang, Sumbar,
Batik Cirebon - Boomingnya pasar produk batik diharapkan bisa menjadi inspirasi para perajin sulam untuk mengembangkan kreasinya menggunakan motif-motif batik yang sedang terkenal di masa kini seperti motif batik cirebon yaitu mega mendung.

“Saya berharap produk sulam juga dapat berkontribusi bagi kesejahteraan pengrajin sulam,” kata Bintang Puspayoga saat membuka pameran Pesona Kriya Sulam yang berlangsung di Museum Tekstil Jakarta, Jumat (6/2). Pameran berlangsung hingga Minggu, 8 Februari 2015.

Karena itu, isteri Menteri Koperasi dan UKM ini meminta para perajin sulam memperhatikan inovasi dan kreativitas dalam berproduksi karena itu juga akan berpengaruh bagi kemajuan para perajin sulam sendiri.

Sehingga menarik minat masyarakat untuk mencintai sulam. “Bahkan tak hanya mencintai saja, tapi juga membeli produk sulam,’’ tambahnya.

Batik Cirebon - Diharapkan juga pameran ini dapat menjadi ajang edukasi, motivasi dan inspirasi bagi masyarakat untuk mencintai produk sulam dalam bentuk motif apapun.

Untuk itu, pelaksanaan pameran harus diagendakan secara berkesinambangun, karena melalui momentum semacam ini akan memberikan ruang kepada pengrajin sulam untuk dapat memperkenalkan prioduknya kepada masyarakat.

“Upaya melestarikan dan mengembangankan produk sulam ini menjadi tanggungjawab semua pihak,” ujarnya.

Agar produk sulam berkembang, ia mengaku perlu dibangun sinergi dengan Kemenkop dan UKM untuk mendorong tumbuhnya partisipasi masyarakat, baik sumber daya manusia maupun dukungan pemasaran produk sulam.

Ketika terbentuk kelompok-kelompok pengrajin, Bintang Puspayoga meminta adanya inisiatif dari perajin sulam untuk membentuk koperasi. Sehingga nantinya dapat dukungan dan pendampingan secara langsung dari kementerian, termasuk mediasi permodalan.( Batik Cirebon )

No comments:

Post a Comment