Toko Batik Indonesia - Ebatik Grosir Trusmi Cirebon Indonesia

Wednesday, February 11, 2015

Batik Cirebon - Mengenal Lebih Jauh Motif Batik Indonesia

Batik Cirebon - Sudah jelas batik adalah warisan budaya indonesia yang harus kita jaga dan melestarikan nya sehingga batik indonesia tidak diakui oleh negara lain.

Batik Cirebon - Hal apa yang harus dilakukan sehingga batik indonesia tidak diakui oleh negara lain ?, yaitu dengan cara memakai nya dan melestarikan nya, dalam batik ada beberapa motif yang sangat populer dimata masyarakat indonesia hingga mancanegara.

nah ini macam-macam motif batik yang sangat populer dimata masyarakat :

1. Batik Keraton
batik cirebon
Motif Batik Keraton
Batik Kraton merupakana cikal bakal  dari semua jenis batik yang berkembang di Indonesia. Motifnya mengandung makna filosofi hidup. Batik-batik ini dibuat oleh para putri kraton dan juga pembatik-pembatik ahli yang hidup di lingkungan kraton. 

Pada dasarnya motifnya terlarang untuk digunakan oleh orang “biasa” seperti motif Batik Parang Barong, Batik Parang Rusak termasuk Batik Udan Liris, dan

2. Batik Kawung
batik cirebon
Motif Batik Kawung
Yang menjadi ciri khas dari  motif Kawung adalah berpola bulatan mirip buah Kawung (sejenis kelapa atau kadang juga dianggap sebagai buah kolang-kaling) yang ditata rapi secara geometris. Kadang, motif ini juga diinterpretasikan sebagai gambar bunga lotus (teratai) dengan empat lembar daun bunga yang merekah. 

Lotus adalah bunga yang melambangkan umur panjang dan kesucian. Biasanya motif-motif Kawung diberi nama berdasarkan besar-kecilnya bentuk bulat-lonjong yang terdapat dalam suatu motif tertentu.Kawung Mengenal Berbagai Macam Jenis Batik

3. Batik Pringgodani
batik cirebon
Motif Batik Pringgodani
Pringgondani sendiri merupakan  nama kesatriyan tempat tinggal Gatotkaca putera Werkudara. Motif ini biasanya ditampilkan dalam warna-warna gelap seperti biru indigo (biru nila) dan soga-coklat, serta penuh sulur-suluran kecil yang diselingi dengan naga pringgondani Mengenal Berbagai Macam Jenis Batik

4. Batik Parang
batik cirebon
Motif Batik Parang
Parang berarti senjata, menggambarkan kekuasaan. Bahkan Jessica Alba memakai batik dengan Motif Parang .Parang Mengenal Berbagai Macam Jenis Batik.

5. Batik Megamendung
batik cirebon
Motif Batik Megamendung
motif batik ini sangat legendaris dan banyak diminati oleh seluruh masyarakat indonesia dan mancanegara yaitu motif mega mendung motif khas batik cirebon, bisa kita lihat garis lengkung dari bentuk garis lengkung yang paling dalam (mengecil) kemudian melebar keluar (membesar) yang menunjukkan gerak yang teratur harmonis. Bisa dikatakan bahwa garis lengkung yang beraturan ini membawa pesan moral dalam kehidupan manusia yang selalu berubah (naik dan turun).

Itulah motif-motif batik yang banyak diminati oleh masyarakat indonesia dan mancanegara, masih banyak motif-motif batik di indonesia ini lebih dari 100 motif dengan khasnya masing-masing kota.( Batik Cirebon )

No comments:

Post a Comment