Toko Batik Indonesia - Ebatik Grosir Trusmi Cirebon Indonesia

Wednesday, February 4, 2015

Naga Motif Batik Cirebon Untuk Tahun Baru Imlek

Batik Cirebon
Ilustrasi : Naga Aplikasi Pada Saat Tahun Baru Imlek
Batik Cirebon - Jogja Chinese Art & Culture Centre (JCACC) siap menyambut Tahun baru Imlek (Xin Cia) 2566 tahun ini. Dalam rangka merayakan Imlek, Pekan Budaya Tionghoa Yogyakarta (PBTY) akan kembali digelar untuk yang kesepuluh kalinya.

Acara Imlek di Yogyakarta kali ini bakal dilaksanakan pada tanggal 1-5 Maret 2015 mendatang, dan bertempat di Kampung Ketandan, Malioboro, Yogyakarta.

Perwakilan JCACC menyampaikan tentang acara pelaksanaan PBTY yang bakal digelar selama lima hari tersebut. Banyak acara yang akan ditampilkan untuk menyambut Imlek tahun ini termasuk parade kembang api yang meriah.

Disebutkan, satu yang menarik diantaranya adalah Karnaval Naga yang sekaligus akan ditampilkan sebagai perlombaan, untuk memperebutkan piala Sri Sultan Hamengkubowono X. Peserta karnaval dijadwalkan berasal dari wilayah Yogya dan sekitarnya, serta Jawa Tengah.

Batik Cirebon - Sebagai panitia pelaksana, JCACC akan melaksanakan beberapa acara dalam PBTY ini. Bazar makanan khas Tionghoa , lomba menyanyi, baca puisi Mandarin serta pameran budaya wayang cina jawa (Wacinwa).

Budaya yang akan ditampilkan nantinya juga disebut merupakan perpaduan budaya Cina - Jawa. Pada serangkaian gelaran acara PBTY sebelumnya, panitia menyebut gelaran tahunan ini selalu mendapat sambutan baik, mulai dari masyarakat, pemerintah daerah maupun Gubernur DIY.

Acara pembukaan bakal dilaksanakan tanggal 1 maret 2015 mendatang, dan akan menampilkan Naga Batik sepanjang 155 meter.

Naga ini diseubut juga dimungkinkan untuk memecahkan rekor MURI, mengingat naga yang ditampilkan terbuat dari batik dengan motif batik cirebon. Rencananya, naga batik akan dimainkan oleh pihak kepolisian atau TNI sepanjang jalan Malioboro hingga Titik Nol yogyakarta.

“Pembukaan nanti tanggal 1 maret dan akan ada Naga batik aplikasi yang panjangnya 155 meter. Rencananya naga batik akan kita atraksikan sepanjang Jalan Malioboro sampai Titik Nol, dan akan dimainkan oleh dari TNI atau Polri,” ujar Feni Wiendrayati, selaku sekertaris JCACC ( Batik Cirebon )

No comments:

Post a Comment