Toko Batik Indonesia - Ebatik Grosir Trusmi Cirebon Indonesia

Thursday, January 8, 2015

Batik Cirebon - Mempopulerkan Batik dengan Kreasi Sendiri

Batik Cirebon
Seni Drapping Menggunakan Kain Batik
Batik Cirebon - Batik adalah kesenian tradisional yang menuangkan motif pada dasar kain dengan pola yang beraturan atau abstrak yang di tulis dengan lilin/malam panas. Batik kian populer seiring pengakuan batik dari dunia. Setelah itu, orang-orang mulai berbondong-bondong untuk mengenakan batik. Di Indonesia, batik tersebar di seluruh penjuru provinsi. Setiap provinsi memiliki motifnya sendiri dengan kekhasannya yang beragam. Maka dari itu, sulit untuk membandingkan batik yang satu dengan batik yang lainnya, karena mereka memiliki keunikan tersendiri.

Namun sangat di sayangkan, jika seni yang penuh makna dan berfilosofi tinggi ini harus hilang di makan waktu. Kita sebagai warga negara Indonesia tentunya harus tau cara melestarikan batik. Tentu kita bisa melestarikannya dari cara yang paling sederhana, yaitu mengenakan batik di setiap acara. Namun, alangkah lebih baik lagi jika kita menjadi pelopor atau pengrajin batik itu sendiri.

Untuk membuat batik memang di butuhkan ketelitian dan ketelatenan. Tidak cukup hanya itu saja, kesabaran dan seni di perlukan untuk mempercantik hasil dari batik. Namun, jika sudah mencintai batik sudah pasti, proses membuat batik adalah hal yang menyenangkan.

Batik Cirebon - Mempopulerkan batik dengan kreasi sendiri menjadi penting di saat semakin minimnya pengrajin batik. Batik adalah seni yang fleksibel, kita boleh membuat batik dengan rasa kita sendiri tanpa harus mengikuti pola klasik yang sudah ada. Karena pada dasarnya, batik adalah kesenian menulis motif pada selebaran kain, hal itu pula yang sebenarnya di akui oleh UNESCO.

Batik Cirebon - Anda bisa mengikuti menulis batik dengan mengunjungi sanggar-sanggar batik yang ada di Indonesia. Di sanggar batik memberikan anda kesempatan untuk ikut menulis batik. Dengan warganya sendiri mencintai dan ditambah dengan nilai plus mampu menulis batik menjadi kebanggakan tersendiri di mata asing, karena kita mampu mampu untuk membuat batik.

Tanpa edukasi menulis batik, generasi penerus penulis batik tentu saja semakin lama semakin hilang. Sangat penting jika judul di atas dapat terealisasi “Mempopulerkan Batik dengan Kreasi Sendiri”. Akan menambah generasi yang semakin mencintai batik. ( Batik Cirebon )

No comments:

Post a Comment