Toko Batik Indonesia - Ebatik Grosir Trusmi Cirebon Indonesia

Friday, January 16, 2015

Batik Cirebon - Veronika Ahok: Harus Lebih Kreatif Pakai Batik

Batik Cirebon - Keinginan untuk melestarikan busana dan kain tradisional seharusnya bukan hanya di bibir saja. Namun kain tradisional ini juga harus diwujudkan dalam tindakan nyata.

"Saya mengajak semua untuk bisa melihat sejarah. Batik misalnya kini sudah bisa diterima dan dipakai banyak orang," kata Veronica Tan, istri Basuki Tjajaja Purnama saat pembukaan pameran Pilgrimage di Museum Tekstil, Jakarta Barat, Kamis (17/1) malam.

Sekalipun kain batik, tenun, songket ini adalah kain tradisional namun kini ia melihat bahwa wastra tradisional ini sudah harus bisa lebih lintas generasi.

"Selama ini saya berpikir kalau batik itu hanya dipakai untuk orang tua, tapi sebenarnya enggak juga," ujarnya.

Batik Cirebon - Ia menambahkan, batik itu bisa dipakai oleh semua usia, tergantung bagaimana paadu padannya. Jika bisa dipadu dengan baik, maka hasilnya pun juga akan terlihat baik dan indah dipandang. "kreatif saja," ucap Vero.

Untuk itu, Vero menyarankan agar semua orang dari semua generasi untuk lebih mempopulerkan batik dan kain tradisional lainnya dengan cara memakainya dalam aktivitas sehari-hari. "Semua harus dimulai dari diri sendiri. Misal di Jakarta saja bisa memakai batik, daerah lainnya juga ikutan, maka produk dalam negeri bisa berkembang, Indonesia pun hebat," katanya.

Istri Ahok ini mengatakan kalau ia sendiri sangat menyukai aneka kain tradisional. Salah satunya ditunjukkan saat pelantikan sang suami menjadi Gubernur DKI Jakarta. Kala itu, Vero menggunakan kebaya encim putih bernuansa peranakan karya desainer Didi Budiardjo.( Batik Cirebon )

No comments:

Post a Comment