Toko Batik Indonesia - Ebatik Grosir Trusmi Cirebon Indonesia

Tuesday, January 27, 2015

Batik Cirebon-an, Pusaka Budaya Indonesia

Batik Cirebon - Indonesia negara yang memiliki keragaman budaya, salah satu yang terkenal adalah batik. Indonesia didaulat sebagai negara surganya batik. Hampir di seluruh pelosok provinsi di Indonesia memiliki ciri khasnya masing-masing. Batik Cirebon sebut saja. Di Cirebon memiliki berbagai motif batik, namun yang paling terkenal adalah motif mega mendung yang merupakan gambar awan, di campur dengan unsur tiongkok. Batik Cirebon berkembang awalnya di lingkungan keraton saja. Untuk mengenalkan ragam hias batik Cirebon, Paguyuban Pecinta Batik Indonesia Sekarjagad menggelar pameran, bazaar dan talkshow bertema “Pusaka Budaya Batik Dari Cirebon” bertempat di Aula Heritage Bank Indonesia beberapa waktu lalu.

Batik Cirebon - Juga sama halnya dengan batik Mataram (Jogja-Solo) yang juga berkembang di dalam Keraton, yaitu keraton Kasepuhan dan Keraton Kaneman. Motif batik Cirebon yang bersumber dari Keraton Kasepuhan memiliki cirri khas motif singa barong. Keraton kaneman memiliki ciri khas motif paksinagaliman.

Selain itu, batik Cirebon dan batik Mataram ( Jogja-Solo ) yang memiliki kesamaan yaitu berkembang di dalam keraton, ternyata dalam hal teknik produksi pun memiliki persamaan. Hal itu di karenakan, adanya perkawinan antara dua kasultanan tersebut. Motif parang yang menjadi ciri khas batik Mataram, ternyata di adopsi oleh Keraton Cirebon dengan nama patran keris dan patran kembang. Juga dengan motif semen, juga di adopsi menjadi motif sawat.

Batik Cirebon - Secara garis besar, pola batik Cirebon jarang menggunakan pola geometris sehingga lebih banyak didominasi ruang kosong. Disamping itu, juga banyak menggunakan unsur tumbuhan, binatang mitologi dan gambar bangunan. Motif yang ada meliputi motif taman arum kanoman, taman teratai, taman arum sunyaragi, dalungan, naga utah, simbar dalung, paksinagaliman, singabarong dan bintulu.

Motif-motif tersebut terinspirasi dari kondisi lingkungan di sekitar keraton dan benda-benda yang ada di dalam keraton. Motif-motif tersebut juga seperti di jelaskan di atas juga terdapat campuran unsur tiongkok dalam motifnya. Mengingat dulu banyak para pedagang-pedagang tiongkok yang datang ke Indonesia. Dengan itu, batik mega mendung semakin di kenal sebagai produk asli Indonesia, tepatnya Cirebon. ( Batik Cirebon )

No comments:

Post a Comment