Toko Batik Indonesia - Ebatik Grosir Trusmi Cirebon Indonesia

Friday, January 9, 2015

Batik Mega Mendung (Batik Cirebon) di Klaim, Netizen Marah

batik cirebon
Kain Batik 3D Megamendung Katun
Batik Cirebon - Indonesia, sebuah negara yang sangat luas yang terdiri dari ribuan pulau memiliki begitu banyak budaya. Sebagai warga negara tentu sudah menjadi kewajiban minimal mengetahui budaya asli Indonesia. Namun sangat sukar sekali mengingat begitu banyaknya produk asli Indonesia. Contohlah saja mata pelajaran Seni Budaya di sekolah-sekolah Indonesia, tidak semua siswa mudah mengingat materi Seni Budaya. Beberapa diantaranya bahkan meremehkan mata pelajaran Seni Budaya yang di anggap tidak terlalu penting.

Baru-baru ini di kutip dari Bandung News tersiar kabar bahwa, salah satu produk kebanggan Indonesia batik mega mendung asli dari Cirebon di klaim oleh Turki. Berdasarkan capture photo yang di share twitter musisi @katonbagaskara, Rabu (7/1/2015) pukul 14.50 WIB.

Batik Cirebon - Pada capture photo yang dishare @katonbagaskara terlihat salah satu pengguna Path (INGRID) menulis status telah melihat blouse motif batik megamendung di Butik Mark Spencer Camp elysees Paris berlabel "Turki Limited Edition".

Meskipun tidak terlihat secara jelas tulisan label di blouse bermotif batik megamendung "Turki Limited Edition", postingan di twitter @katonbagaskara itu menuai reaksi keras dari netizen di twitter.

Salah satu pengguna twitter @Komarudin999 memberikan komentar "priben jeh" dalah Bahasa Cirebon artinya "ini bagaimana".

Batik Cirebon - Motif batik mega mendung memang menjadi primadona di antara motif-motif batik lain. Batik mega mendung menjadi motif yang paling banyak di cari para pencinta batik. Hal itu di karenakan, motif mega mendung yang unik dan memiliki nilai filosofis sendiri.

Sekarang sudah sepantasnya, kita bereaksi keras atas klaim yang di lakukan Turki. Karena Turki mengambil salah satu aset negara tanpa sepengetahuan pemilik.

Namun alangkah lebih baiknya jika kita menjaga aset tersebut. Memberi reaksi keras boleh, asal sebelum di klaim oleh negara lain kita lebih pantas untuk menjaganya sebelum di klaim negara lain. Sukar memang untuk mengetahui semua kebudayaan Indonesia, namun lebih mudah lagi jika kita minimal untuk mencintai budaya daerah kita sendiri terlebih dahulu. Dengan demikian, jika semua orang mengetahui dan mencintai budaya daerah sendiri, klaim oleh negara lain akan berkurang. ( batik Cirebon )

No comments:

Post a Comment