Toko Batik Indonesia - Ebatik Grosir Trusmi Cirebon Indonesia

Monday, December 22, 2014

Batik Cirebon - Batik Tulis Melayu Dikembangkan di Langkat

Batik Cirebon - Perajin batik di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut) mengembangkan batik tulis motif melayu guna melestarikan peninggalan budaya yang hampir dilupakan masyarakat, karena kurang nya minat batik di kalangan masyarakat yang dibilang norak padahal banyak macam batik yang modern jika digunakan akan semakin modis.

Pengelola Batik Tulis Adinda di Kabupaten Langkat, Lailun Purnama mengatakan, jenis batik tulis tersebut memiliki nilai seni yang cukup tinggi dan harus dipertahankan karena produksinya lumayan memakan waktu sangat lama untuk membuatnya.

"Kerajinan batik tulis melayu, khususnya motif khas Langkat, itu harus tetap dilestarikan. Jangan sampai hilang," katanya di Medan, Selasa (30/9).

Batik Cirebon - Untuk melestarikan batik motif melayu, ia rajin ikut kegiatan berupa pameran, seperti Pameran Gebyar Kerajinan Nasional Daerah se-Sumatera Utara beberapa waktu lalu.

"Kami juga belajar dan menimba ilmu ke Kota Solo untuk memperdalam berbagai seni batik, motif, ketrampilan, serta diterapkan di Kabupaten Langkat," ujarnya.

Harga batik ini dijual bervariasi antara Rp 350.000 hingga Rp 500.000. bisa dibilang cukup murah untuk batik tulis yang mewah dan berkualitas.

"Batik tulis melayu ini sangat halus dan terbuat dari benang pilihan yang berkualitas," katanya.(batik cirebon)

No comments:

Post a Comment