Toko Batik Indonesia - Ebatik Grosir Trusmi Cirebon Indonesia

Sunday, December 21, 2014

Batik Cirebon - Srilanka Ingin Mengenal Batik

Batik Cirebon - Sudah Diketahui Batik adalah salah satu warisan budaya indonesia yang harus dilestarikan , dan Batik adalah warisan budaya indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO bahkan di seluruh dunia .

Buddy Keertisena, Dewan Kerajinan Srilanka menyatakan ingin belajar mengenai batik terutama batik cirebon, sekaligus menjajaki kontak dagang dengan pembatik Kota Pekalongan. Perwakilan Dewan Kerajinan Srilanka,  selain melakukan kontak dagang, Pemerintah Srilanka juga ingin belajar mendirikan museum batik, seperti di Pekalongan.

"Batik juga berkembang di Srilanka dan dipergunakan untuk pakaian maupun sebagai hiasan dinding. Akan tetapi, kami ingin lebih mendalami proses membatik," katanya sambil menambahkan Dewan Kerajinan Nasional Srilanka akan menjajaki kerja sama untuk mendirikan museum batik di negeri itu.

Batik Cirebon - "Oleh karena itu, kami berkunjung ke Pekalongan untuk melihat secara dekat proses membatik, sekaligus menjajaki kontak dagang dengan pembatik setempat," ujar Buddy.

Selama di Kota Pekalongan, Buddy Keerthisena dan rombongan mengunjungi Museum Batik Pekalongan, melihat proses membatik di Kampung Batik Pesindon, galeri tenun milik Ridaka, dan ke Pasar Grosir Setono.

Wali Kota Pekalongan Basyir Ahmad mengatakan pemkot menyambut gembira atas kehadiran delegasi Srilanka yang ingin belajar mendirikan museum batik dan kontak dagang."Pemerintah Srilanka sengaja memilih Pekalongan karena Museum Batik Pekalongan memiliki sertifikat 'best practises' dari lembaga PBB yaitu UNESCO,"

Bukan hanya srilanka tetapi negara-negara lain pun ingin mengenal batik lebih jauh karna batik suatu kerajinan tangan yang membuat kita menjadi kreatif dan inovatif, maka dari itu lestarikanlah batik dengan cara menggunakannya lalu menjaganya agar budaya batik tidak hilang dari indonesia.(batik cirebon)

No comments:

Post a Comment