Toko Batik Indonesia - Ebatik Grosir Trusmi Cirebon Indonesia

Friday, December 26, 2014

Mega Mendung, Motif Khas Batik Cirebon yang Melegendaris

Batik Cirebon
Kain Batik Tulis Bermotif Megamendung dan Naga Baron
Batik Cirebon - Cirebon selama ini dikenal sebagai kota Udang, Namun siapa sangka Cirebon juga miliki motif khas batik yang melegendaris sampai saat ini.

Selain motif keratonan, Cirebon punya motif yang sudah melekat, yaitu motif Mega Mendung, motif mega mendung ini sangat mendunia dan diakui di UNESCO sebagai motif batik paling banyak digunakan semua orang.

Seperti perajin batik Ibnu Riyanto (Owner dari Pusat Grosir Batik Trusmi) yang masih mempertahankan membatik dengan cara manual di Desa Trusmi Kulon Kabupaten Cirebon.

"Bahkan ada warga yang rata-rata belajar turun menurun dari orangtuanya, masih menggunakan cara tradisional membatik dengan menggunakan canting," ungkapnya di Cirebon

Batik Cirebon - Menurut Owner Pusat Grosir Batik Trusmi ini (Ibnu Riyanto), sebagai sentra batik terbesar di Cirebon, Desa Trusmi selama ini dikenal sebagai daerah yang warganya mayoritas pembatik hingga sekarang.

"Meski banyak perajin batik tulis yang gulung tikar, akibat banyaknya masuk batik cetak, namun banyak perajin yang mempertahankan ciri khas Cirebon," pungkasnya.

Sebagai motif paling legendaris di Cirebon, Motif mega mendung ini banyak yang mengatakan jika seseorang menggunakan batik dengan motif khas batik cirebon yaitu mega mendung maka seseorang yang menggunakannya akan bertambah aura positifnya dan semakin percaya diri.( Batik Cirebon )

No comments:

Post a Comment