Toko Batik Indonesia - Ebatik Grosir Trusmi Cirebon Indonesia

Wednesday, March 11, 2015

Batik Cirebon - Kini Cirebon Akan Hadir Pasar Batik

Batik Cirebon
Pasar Batik Trusmi jika dilihat dari arah depan
Batik Cirebon - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cirebon membangun sebuah pasar yang secara khusus menjual hasil kreasi para pembatik setempat. Pasar Batik Trusmi namanya. Pasar yang terletak di Desa Weru Lor, Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon ini dibuka pada 2 April.

“Semuanya sudah siap, nanti akan kita launching 2 April,” ujar Kepala Pasar Batik Trusmi, Ismaya, kepada Metrotvnews.com, Selasa (10/3/2015).

Pasar Batik Trusmi memiliki sebanyak 112 kios. Semuanya, kata Ismaya, sudah siap ditempati dan masing-masing kunci sudah diserahkan kepada pemiliknya.

“Kemarin kami bersama Asosiasi Pengrajin Batik Trusmi telah mengundi kios-kios tersebut kepada para pengrajin batik. Setiap orang mengambil kartu yang disediakan kemudian mengacu pada nomor yang tertera langsung diberikan kunci yang sesuai,” katanya.

Batik Cirebon - Salah satu pemilik kios, Kursa, menilai harga sewa Pasar Batik Trusmi relatif murah. Pria 58 tahun itu mendapatkan kios di bagian tengah dan cukup membayar uang sewa sebesar Rp450 ribu per tahun.

“Ukuran lebar kios 3x4 meter dan nanti setiap harinya hanya membayar uang kebersihan dan keamanan, kalau yang di bagian depan itu sewanya Rp750 ribu dalam setahun,” ujar Kursa.

Sebelumnya, pemasaran batik Mega Mendung andalan Cirebon hanya terpusat di Desa Trusmi, Kecamatan Plered dengan bentuk butik sekaligus tempat produksi. Adanya pasar batik secara khusus, Pemkab Cirebon berharap masyarakat dapat berbelanja ataupun sekadar melihat-lihat dengan jarak yang tidak begitu jauh antara satu toko dengan toko lainnya.(Batik Cirebon)

No comments:

Post a Comment